Kecerdasan Buatan : EXPERT SYSTEM (SISTEM PAKAR) - Pertemuan 11
EXPERT SYSTEM
(SISTEM PAKAR)
MODEL-MODEL
AI
1. Natural
Language Processing (NLP)
2. Computer
Vision
3. Robotika
dan Sistem Navigasi
4. Game
Playing
5. Sistem Pakar (expert system)
PEMBAHASAN
ü
Konsep Expert System/Sistem Pakar
ü
Bagian Expert System/Sistem Pakar
ü
Manfaat Expert System/Sistem Pakar
ü
Kelemahan Expert System/Sistem Pakar
ü
Karakteristik Expert System/Sistem Pakar
ü
Bidang Pengembangan Expert System/Sistem Pakar
EXPERT SYSTEM
§
Sistem Pakar adalah suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data
untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian seorang pakar.
§ Yang
diperlukan untuk membangun sitem pakar adalah sejumlah pengetahuan dan
suatu mekanisme untuk mengakses pengetahuan itu secara efisien (mekanisme inferensi)
untuk memecahkan masalah. Pakar Sistem Pemakai
BAGIAN
EXPERT SYSTEM
1. User
Interface
2. Knowledge
Base
3. Inference
Engine
4.
Development Engine
1.
User Interface
§
Memungkinkan manager untuk memasukan insteruksi untuk menentukan parameter dan
informasi dalam Expert System dan menerima informasi darinya.
2.
Knowledge Base
§
Berisi fakta yang menjelaskan bidang masalah dan merepresentasikan teknik yang
menjelaskan cara penggabungan fakta tersebut dalam cara yang logis dengan
menggunakan rule (kaidah) tertentu hingga menghasilkan conclusion.
CONTOH ATURAN/RULE
§
Contoh : aturan identifikasi hewan
• Rule 1 : IF hewan berambut dan menyusui
THEN hewan mamalia
• Rule 2 : IF hewan mempunyai sayap dan
bertelur THEN hewan jenis burung
• Rule 3 : IF hewan mamalia dan memakan daging THEN hewan karnivora
3.
Inference Engine
§
Merupakan komponen dari Expert System yang melakukan penalaran dengan
menggunakan isi dari knowledge base dengan urutan tertentu.
4.
Development Engine
§
Digunakan untuk menciptakan Expert System yang melibatkan pembuatan himpunan
rule dengan bantuan shell Expert System.
MANFAAT SISTEM PAKAR
§
Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengembangkan
sistem pakar, antara lain :
1. Masyarakat awam non-pakar dapat
memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kehadiran langsung seorang
pakar.
2. Meningkatkan produktivitas kerja,
menambah efisiensi kerja danhasil solusi kerja.
3. Penghematan waktu dalam menyelesaikan
masalah yang kompleks.
4. Memberikan penyederhanaan solusi untuk
kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.
5. Pengetahuan dari seorang pakar dapat
didokumentasikan tanpa ada batas waktu.
6. Memungkinkan penggabungan berbabagai
bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.
EXPERT SYSTEM
KELEMAHAN SISTEM PAKAR
§
Beberapa kelemahan pengembangan sistem pakar diantaranya :
1. Daya kerja dan produktifitas manusia menjadi berkurang karena
semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem
2. Pengembangan perangkat lunak sistem
pakar lebih sulit dibandingkan perangkat lunak konvensional.
EXPERT SYSTEM
CIRI DAN KARAKTERISTIK SISTEM PAKAR
1. Pengetahuan sistem pakar merupakan suatu
konsep, bukan berbentuk numeris.
2. Informasi dalam sistem pakar tidak selalu
lengkap, subyektif, tidak konsisten, subyek terus berubah dan tergantung
pada kondisi lingkungan sehingga keputusan yang diambil bersifat tidak pasti
dan tidak mutlak “ya” atau “tidak” tetapi menurut ukuran kebenaran tertentu
3. Kemungkinan solusi sistem pakar terhadap
suatu permasalahan adalah bervariasi dan mempunyai banyak pilihan jawaban yang dapat
diterima, semua faktor yang ditelusuri memiliki ruang masalah yang luas dan
tidak pasti.
4. Perubahan atau pengembangan pengetahuan
dalam sistem pakar dapat terjadi setiap saat bahkan sepanjang waktu sehingga
diperlukan kemudahan dalam modifikasi sistem untuk menampung jumlah pengetahuan
yang semakin besar dan semakin bervariasi
5. Pandangan dan pendapat setiap pakar tidaklah selalu sama,
yang oleh karena itu tidak ada jaminan bahwa solusi sistem pakar merupakan
jawaban yang pasti benar. Setiap pakar akan memberikan pertimbangan-
pertimbangan berdasarkan faktor subyektif.
6. Keputusan merupakan bagian terpenting dari sistem pakar.
Sistem pakar harus memberikan solusi yang akurat berdasarkan masukan
pengetahuan meskipun solusinya sulit sehingga fasilitas informasi sistem harus
selalu diperlukan.
BIDANG PENGEMBANGAN ES
1. Kontrol : Contoh pengembangan banyak
ditemukan dalam kasus pasien di rumah sakit, dimana dengan kemampuan sistem
pakar dapat dilakukan kontrol terhadap cara pengobatan dan perawatan melalui
sensor data atau kode alarm dan memberikan solusi terapi pengobatan yang tepat
bagi pasien
2. Desain : Contoh sistem pakar desain
adalah PEACE yang dibuat oleh Dinobas pada tahun 1980 untuk membantu disain
pengembangan sirkuit elektronik.
3. Diagnosis : Merupakan pengembangan
sistem pakar terbear seperti diagnosis penyakit, kerusakan mesin kendaraan, kerusakan
komponen komputer dsb.
4. Interpretasi : Pengembangan bidang ini
melakukan proses pemahaman terhadap situasi dari beberapa informasi
yang direkam.
5. Instruksi : merupakan pengembangan
sistem pakar yang sangat berguna dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan,
dimana sistem pakar dapat memberikan instruksi dan pengajaran tertentu terhadap suatu
topik permasalahan.
6. Monitor : bidang ini banyak digunakan militer, seperti
penggunaan sensor radar kemudian kemudian menganalisisnya dan menentukan
posisi obyek berdasarkan posisi radar tersebut.
7. Perencanaan : banyak digunakan dalam
bidang bisnis dan keuangan suatu proyek.
8. Prediksi : sistem pakar ini mampu memprediksi kejadian
dimasa mendatang berdasarkan informasi model dan permasalahan yang
dihadapi.
9. Seleksi : Sistem pakar dengan seleksi
mengidentifikasi pilihan terbaik dari beberapa daftar pilihan kemungkinan
solusi.
10. Simulasi : Sistem ini memproses operasi dari
beberapa variasi kondisi yang ada dan menampilkannya dalam bentuk simulasi.
Contohnya adalah program PLANT yang sudah menggabungkan antara prediksi dan
simulasi, dimana program tersebut mampu menganalisis hama dengan berbagai
kondisi suhu dan cuaca
Komentar
Posting Komentar