Kecerdasan Buatan : EXPERT SYSTEM (SISTEM PAKAR) - Pertemuan 11

 

EXPERT SYSTEM

(SISTEM PAKAR)

 

MODEL-MODEL AI

1. Natural Language Processing (NLP)

2. Computer Vision

3. Robotika dan Sistem Navigasi

4. Game Playing

5. Sistem Pakar (expert system)

PEMBAHASAN

ü  Konsep Expert System/Sistem Pakar

ü  Bagian Expert System/Sistem Pakar

ü  Manfaat Expert System/Sistem Pakar

ü  Kelemahan Expert System/Sistem Pakar

ü  Karakteristik Expert System/Sistem Pakar

ü  Bidang Pengembangan Expert System/Sistem Pakar

EXPERT SYSTEM

§ Sistem Pakar adalah suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian seorang pakar.

§ Yang diperlukan untuk membangun sitem pakar adalah sejumlah pengetahuan dan suatu mekanisme untuk mengakses pengetahuan itu secara efisien (mekanisme inferensi) untuk memecahkan masalah. Pakar Sistem Pemakai

BAGIAN EXPERT SYSTEM

1. User Interface

2. Knowledge Base

3. Inference Engine

4. Development Engine

1.       User Interface

§ Memungkinkan manager untuk memasukan insteruksi untuk menentukan parameter dan informasi dalam Expert System dan menerima informasi darinya.


2.       Knowledge Base

§ Berisi fakta yang menjelaskan bidang masalah dan merepresentasikan teknik yang menjelaskan cara penggabungan fakta tersebut dalam cara yang logis dengan menggunakan rule (kaidah) tertentu hingga menghasilkan conclusion.

CONTOH ATURAN/RULE

§ Contoh : aturan identifikasi hewan

• Rule 1 : IF hewan berambut dan menyusui THEN hewan mamalia

• Rule 2 : IF hewan mempunyai sayap dan bertelur THEN hewan jenis burung

• Rule 3 : IF hewan mamalia dan memakan daging THEN hewan karnivora



3.       Inference Engine

§ Merupakan komponen dari Expert System yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi dari knowledge base dengan urutan tertentu.







4.       Development Engine

§ Digunakan untuk menciptakan Expert System yang melibatkan pembuatan himpunan rule dengan bantuan shell Expert System.

MANFAAT SISTEM PAKAR

§ Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengembangkan sistem pakar, antara lain :

1. Masyarakat awam non-pakar dapat memanfaatkan keahlian di dalam bidang tertentu tanpa kehadiran langsung seorang pakar.

2. Meningkatkan produktivitas kerja, menambah efisiensi kerja danhasil solusi kerja.

3. Penghematan waktu dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.

4. Memberikan penyederhanaan solusi untuk kasus-kasus yang kompleks dan berulang-ulang.

5. Pengetahuan dari seorang pakar dapat didokumentasikan tanpa ada batas waktu.

6. Memungkinkan penggabungan berbabagai bidang pengetahuan dari berbagai pakar untuk dikombinasikan.

EXPERT SYSTEM

KELEMAHAN SISTEM PAKAR

§ Beberapa kelemahan pengembangan sistem pakar diantaranya :

1. Daya kerja dan produktifitas manusia menjadi berkurang karena semuanya dilakukan secara otomatis oleh sistem

2. Pengembangan perangkat lunak sistem pakar lebih sulit dibandingkan perangkat lunak konvensional.

EXPERT SYSTEM

CIRI DAN KARAKTERISTIK SISTEM PAKAR

1. Pengetahuan sistem pakar merupakan suatu konsep, bukan berbentuk numeris.

2. Informasi dalam sistem pakar tidak selalu lengkap, subyektif, tidak konsisten, subyek terus berubah dan tergantung pada kondisi lingkungan sehingga keputusan yang diambil bersifat tidak pasti dan tidak mutlak “ya” atau “tidak” tetapi menurut ukuran kebenaran tertentu

3. Kemungkinan solusi sistem pakar terhadap suatu permasalahan adalah bervariasi dan mempunyai banyak pilihan jawaban yang dapat diterima, semua faktor yang ditelusuri memiliki ruang masalah yang luas dan tidak pasti.

4. Perubahan atau pengembangan pengetahuan dalam sistem pakar dapat terjadi setiap saat bahkan sepanjang waktu sehingga diperlukan kemudahan dalam modifikasi sistem untuk menampung jumlah pengetahuan yang semakin besar dan semakin bervariasi

5. Pandangan dan pendapat setiap pakar tidaklah selalu sama, yang oleh karena itu tidak ada jaminan bahwa solusi sistem pakar merupakan jawaban yang pasti benar. Setiap pakar akan memberikan pertimbangan- pertimbangan berdasarkan faktor subyektif.

6. Keputusan merupakan bagian terpenting dari sistem pakar. Sistem pakar harus memberikan solusi yang akurat berdasarkan masukan pengetahuan meskipun solusinya sulit sehingga fasilitas informasi sistem harus selalu diperlukan.

BIDANG PENGEMBANGAN ES

1. Kontrol : Contoh pengembangan banyak ditemukan dalam kasus pasien di rumah sakit, dimana dengan kemampuan sistem pakar dapat dilakukan kontrol terhadap cara pengobatan dan perawatan melalui sensor data atau kode alarm dan memberikan solusi terapi pengobatan yang tepat bagi pasien

2. Desain : Contoh sistem pakar desain adalah PEACE yang dibuat oleh Dinobas pada tahun 1980 untuk membantu disain pengembangan sirkuit elektronik.

3. Diagnosis : Merupakan pengembangan sistem pakar terbear seperti diagnosis penyakit, kerusakan mesin kendaraan, kerusakan komponen komputer dsb.

4. Interpretasi : Pengembangan bidang ini melakukan proses pemahaman terhadap situasi dari beberapa informasi yang direkam.

5. Instruksi : merupakan pengembangan sistem pakar yang sangat berguna dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan, dimana sistem pakar dapat memberikan instruksi dan pengajaran tertentu terhadap suatu topik permasalahan.

6. Monitor : bidang ini banyak digunakan militer, seperti penggunaan sensor radar kemudian kemudian menganalisisnya dan menentukan posisi obyek berdasarkan posisi radar tersebut.

7. Perencanaan : banyak digunakan dalam bidang bisnis dan keuangan suatu proyek.

8. Prediksi : sistem pakar ini mampu memprediksi kejadian dimasa mendatang berdasarkan informasi model dan permasalahan yang dihadapi.

9. Seleksi : Sistem pakar dengan seleksi mengidentifikasi pilihan terbaik dari beberapa daftar pilihan kemungkinan solusi.

10. Simulasi : Sistem ini memproses operasi dari beberapa variasi kondisi yang ada dan menampilkannya dalam bentuk simulasi. Contohnya adalah program PLANT yang sudah menggabungkan antara prediksi dan simulasi, dimana program tersebut mampu menganalisis hama dengan berbagai kondisi suhu dan cuaca

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12

Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13

Grafika Komputer : TRANSFORMASI 2 DIMENSI - Pertemuan 10