Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12
Pertemuan 12
PROYEKSI
PROYEKSI
◼ Proyeksi adalah metoda menggambarkan benda tiga dimensi pada bidang 2 dimensi.
◼ Ada 2 cara melakukan proyeksi :
❑ Proyeksi paralel : Semua garis paralel akan tampak paralel pada bidang proyeksi.
❑ Proyeksi perspektif : Semua garis paralel akan menghilang di titik pusat proyeksi.
PROYEKSI PARALEL
◼ Ada dua macam proyeksi paralel :
❑ Proyeksi Orthographic
❑ Proyeksi Oblique
◼ Proyeksi orthographic adalah proyeksi dengan mata tegak lurus terhadap bidang proyeksi.
◼ Proyeksi Oblique adalah proyeksi dengan mata berada di lokasi yang tidak tegak lurus terhadap bidang proyeksi.
PROYEKSI ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi orthographic dibagi menjadi 2 macam :
❑ Pandangan Multiview Orthographic
❑ Pandangan Axonometric yang dibagi menjadi tiga macam :
◼ Isometric : Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama
◼ Dimetric : Proyeksi dimana 2 muka benda dipendekkan dalam ukuran yang sama
◼ Trimetric : Proyeksi dimana 2 muka dipendekkan dalam ukuran yang berbeda
PROYEKSI MULTIVIEW ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi ini diperoleh dengan menolkan salah satu koordinat sesuai dengan sumbu proyeksi.
◼ Terhadap bidang xy : Q(x,y) = P(x,y,z)
◼ Terhadap bidang xz : Q(x,z) = P(x,y,z)
PROYEKSI AXONOMETRIC
PROYEKSI OBLIQUE
◼ Memproyeksikan ke garis sejajar yang tidak tegak lurus terhadap bidang proyeksi.
◼ Dibagi menjadi dua macam
❑ Cavalier
❑ Cabinet
PROYEKSI PERSPEKTIF
◼ Proyeksi perspektif bergantung pada dua variable : lokasi mata dan bidang proyeksi.
PROYEKSI PERSPEKTIF
A = 5 ; B = 9
dengan t = 0,3 maka r(t) = 9 * (1-0,3) + 5*0,3 = 6,2
dengan t = 1 maka r(t) = 9 * (1-1) + 5 * 1 = 9
PROYEKSI PERSPEKTIF
◼ Dengan bidang proyeksi adalah bidang xy dan titik terletak di sumbu z sejauh E maka titik hasil proyeksi akan z = 0
◼ dengan E > z
CONTOH :
Diketahui sebuah benda dengan vertex-vertex dan edge seperti tabel di bawah ini, lakukan proyeksi perspektif jika E terletak di z=10 dan z = 20:
Komentar
Posting Komentar