Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12

  Pertemuan 12

PROYEKSI

PROYEKSI

◼ Proyeksi adalah metoda menggambarkan benda tiga dimensi pada bidang 2 dimensi. 
◼ Ada 2 cara melakukan proyeksi : 
❑ Proyeksi paralel : Semua garis paralel akan tampak paralel pada bidang proyeksi. 
❑ Proyeksi perspektif : Semua garis paralel akan menghilang di titik pusat proyeksi.



PROYEKSI PARALEL
◼ Ada dua macam proyeksi paralel : 
❑ Proyeksi Orthographic 
❑ Proyeksi Oblique 
◼ Proyeksi orthographic adalah proyeksi dengan mata tegak lurus terhadap bidang proyeksi.
◼ Proyeksi Oblique adalah proyeksi dengan mata berada di lokasi yang tidak tegak lurus terhadap bidang proyeksi.

PROYEKSI ORTHOGRAPHIC
◼ Proyeksi orthographic dibagi menjadi 2 macam : 
❑ Pandangan Multiview Orthographic 
❑ Pandangan Axonometric yang dibagi menjadi tiga macam : 
     Isometric : Proyeksi dimana 3 muka dipendekkan dalam ukuran yang sama 
    Dimetric : Proyeksi dimana 2 muka benda dipendekkan dalam ukuran yang sama 
    Trimetric : Proyeksi dimana 2 muka dipendekkan dalam ukuran yang berbeda

PROYEKSI MULTIVIEW ORTHOGRAPHIC 
◼ Proyeksi ini diperoleh dengan menolkan salah satu koordinat sesuai dengan sumbu proyeksi. 
◼ Terhadap bidang xy : Q(x,y) = P(x,y,z) 
◼ Terhadap bidang xz : Q(x,z) = P(x,y,z) 
◼ Terhadap bidang yz : Q(y,z) = P(x,y,z)



PROYEKSI AXONOMETRIC

PROYEKSI OBLIQUE
◼ Memproyeksikan ke garis sejajar yang tidak tegak lurus terhadap bidang proyeksi. 
◼ Dibagi menjadi dua macam 
❑ Cavalier 
❑ Cabinet


PROYEKSI PERSPEKTIF
◼ Proyeksi perspektif bergantung pada dua variable : lokasi mata dan bidang proyeksi.


PROYEKSI PERSPEKTIF

Contoh : 
A = 5 ; B = 9
dengan t = 0,3 maka r(t) = 9 * (1-0,3) + 5*0,3 = 6,2 
dengan t = 1 maka r(t) = 9 * (1-1) + 5 * 1 = 9

PROYEKSI PERSPEKTIF


◼ Dengan bidang proyeksi adalah bidang xy dan titik terletak di sumbu z sejauh E maka titik hasil proyeksi akan z = 0 
◼ dengan E > z

CONTOH :
Diketahui sebuah benda dengan vertex-vertex dan edge seperti tabel di bawah ini, lakukan proyeksi perspektif jika E terletak di z=10 dan z = 20:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13

Grafika Komputer : Teknologi Display - Pertemuan 2