Grafika Komputer : SISTEM KOORDINAT - Pertemuan 5

  Pertemuan 5

SISTEM KOORDINAT

Sistem Koordinat

 Ada dua macam sistem koordinat :
 Cartesian
 Polar
 Sistem Koordinat Polar menggunakan sudut terhadap garis horison ( α ) dan jarak dari titik pusat (R)         untuk menunjukkan lokasi sebuah benda.
 Sistem Koordinat Cartesian menggunakan pasangan (x,y) untuk menyatakan lokasi sebuah benda di     bidang (2D) dan pasangan (x,y,z) untuk lokasi di ruang (3D).


 Sistem Koordinat juga dapat dibagi menjadi dua macam bergantung kepada situasi :
  • World Coordinate (wc)
            - Sistem Koordinate untuk menyatakan lokasi benda di "dunia"
  • Screen Coordinate (sc)
            - Sistem Koordinat untuk menyatakan lokasi titik di layar.



World Coordinate

 World Coordinate mempunyai batas -~ sampai dengan +~ untuk sumbu x dan y
 Apabila area yang dilihat pada world coordinat dibatasi pada area tertentu maka area tersebut                dinamakan window.




Screen Coordinate

 Screen Coordinate menggunakan orientasi sumbu y yang berbeda dengan World Coordinate.
 Screen Coordinate hanya menggunakan nilai positif untuk sumbu x dan y dan titik (0,0) terletak di         pojok kiri atas.
 Batas maksimal pada sumbu x = Xmax dan batas maksimal pada sumbu y = Ymax


 Perbedaan orientasi tersebut menyebabkan gambar di World menjadi tampak terbalik di screen
 Area yang digunakan untuk menampilkan gambar di layar disebut sebagai viewport.


Transformasi wc --> sc

 Agar gambar di screen tampak sama dengan di world maka perlu dilakukan transformasi koordinat.

 Dengan demikian setiap titik di wc dapat diketahui lokasinya di sc sebagai :
xsc = x wc
ysc = ymax - y wc

 Rumus (1) tidak dapat mengatasi persoalan :
  • Pemakaian window dan viewport.
  • Nilai negatif dari koordinat wc.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12

Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13

Grafika Komputer : TRANSFORMASI 2 DIMENSI - Pertemuan 10