Kecerdasan Buatan : LOGIC & LEARNING METHOD - Pertemuan 6
LOGIC & LEARNING METHOD
LOGIKA
DALAM AI
§ Logika dalam Artificial Intelligence digunakan
sebagai suatu cara untuk
menyampaikan fakta.
§ Penyajian logika secara formal diperlukan
karena akan menjadi suatu cara yang sangat disarankan untuk menurunkan/menjabarkan
pengetahuan baru.
§ Dengan logika formal kita dapat menyimpulkan
bahwa suatu pernyataan baru adalah benar dengan membuktikan bahwa pernyataan
itu diturunkan dari pernyataan-pernyataan lain yang sudah diketahui
kebenarannya.
§
Contoh :
·
Jika : Matahari terbit dari Timur (benar)
·
Maka : Tidak mungkin matahari terbit dari Barat
(benar)
§ Logika adalah bentuk representasi pengetahuan yang paling tua.
§ Proses logika adalah proses membentuk kesimpulan atau
menarik suatu inferensi berdasarkan fakta yang telah ada.
§ Input dari proses logika berupa premis atau fakta-fakta yang
diakui kebenarannya sehingga dengan melakukan penalaran pada proses
logika dapat dibentuk suatu inferensi atau kesimpulan yang benar juga.
§ Ada 2 penalaran yang dapat dilakukan untuk
mendapat konklusi yaitu penalaran
deduktif dan induktif:
§ Penalaran deduktif : dimulai dari prinsip umum untuk mendapatkan konklusi yang lebih khusus.
§ Contoh :
·
Premis mayor : Jika hujan turun saya tidak akan
berangkat kuliah
·
Premis minor : Hari ini hujan turun
·
Konklusi : Hari ini saya tidak akan berangkat
kuliah
§ Penalaran induktif : dimulai dari fakta-fakta khusus untuk mendapatkan kesimpulan umum.
§ Contoh :
·
Premis -1 : Aljabar adalah pelajaran yang sulit
·
Premis -2 : Geometri adalah pelajaran yang
sulit
·
Premis -3 : Kalkulus adalah pelajaran yang
sulit
·
Konklusi : Matematika adalah pelajaran yang
sulit
SEJARAH LOGIKA
§ Ahli logika pertama yang dikenal : Aristotle
(384-322 BC), filsuf dan ahli ilmu alam Yunani.
§ Aristotle telah mengembangkan banyak teori
yang dikenal dengan syllogistic
atau classical logic.
§ Syllogistic pada dasarnya bertransaksi dengan penurunan kebenaran (atau yang bersifat salah) dari argumen seorang filsuf.
§ Symbolic logic dimulai dengan G.W. Leibniz (1646-1717),
tetapi dilupakan setelah ia meninggal, kemudian seluruh hal-hal tersebut
dicakup kembali oleh : George Boole (1815-1864) dan logikanya dikenal dengan Boolean Logic.
§ Symbolic Logic berinteraksi dengan konsep
abstraksi ke dalam simbol-simbol dan interkoneksi simbol-simbol oleh operator
tertentu.
LOGIKA PROPOSISI
§ Proposisi adalah suatu
pernyataan yang dapat bernilai Benar atau Salah.
§ Simbol-simbol seperti P dan Q menunjukkan proposisi.
§ Dua atau lebih proposisi dapat digabungkan
dengan menggunakan operator logika.
§ Propotional logic digunakan sebagai cara menyajikan pengetahuan
singkat/sederhana yang diperlukan dalam Artificial Intelligence.
§ Dengan propotional logic, akan dengan mudah
menyajikan fakta dunia nyata sebagai proposisi logika yang disebut well- formed formulas (wff).
§ Proposisi : P dan Q yang direpresentasikan sebagai ekspresi logika dengan menggunakan logical connectives dalam suatu tabel kebenaran, berikut ini :
CONTOH PROPOSIONAL LOGIC
§ it is raining : RAINING
§ it is sunny : SUNNY
§ if it is raining, then it is not sunny
§ RAINING → ┐SUNNY
§ Socrates is a man : SOCRATESMAN
§ Plato is a man : PLATOMAN
§ ditulis dengan cara yang lebih simple :
§ MAN(SOCRATES)
§ MAN(PLATO)
Well Formed Formula (WFF)
§ Berdasarkan tabel kebenaran di atas kita dapat
membentuk wff berdasarkan pada aturan :
§ Jika P adalah sebuah wff maka not P (┐P)
juga suatu wff
§ Jika P dan Q adalah dua wff, maka berikut ini
juga wff :
CONTOH PEMBENTUKAN WFF
§ Jika diberikan 2
pernyataan bernilai benar
§ P : Hari Hujan
§ Q : Jalanan basah
§ Maka wff yang dapat
dibentuk (benar) antara lain:
§ Hari
tidak hujan atau jalanan basah
§ Hari hujan dan jalanan basah
§ Jika hujan maka jalanan basah
§ Jika tidak hujan maka jalanan basah
§ Jalanan basah jika dan hanya jika hujan
§ Dan pernyataan berikut
adalah salah :
§ Jika hujan maka jalanan tidak basah
§ Hujan dan jalanan tidak basah
§
LEARNING METHOD
§ Learning Machine adalah suatu aplikasi dalam AI yang
memiliki kemampuan beradaptasi dengan dunia luar dan dapat memanfaatkan
informasi dari dunia luar untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan
kemampuannya.
§ Kata mesin digunakan untuk membedakan dengan manusia (mahluk
hidup) yang secara alami memiliki kemampuan belajar.
§ Salah satu cabang dari artificial intelligence
adalah machine learning atau pembelajaran mesin
§ Teknologi machine learning (ML) adalah mesin yang dikembangkan untuk bisa
belajar dengan sendirinya tanpa arahan dari penggunanya.
§ Pembelajaran mesin dikembangkan berdasarkan
disiplin ilmu lainnya seperti statistika,
matematika dan data mining sehingga mesin dapat belajar dengan
menganalisa data tanpa perlu di program ulang atau diperintah.
§ Deep Blue merupakan machine learning yang
dikembangkan agar bisa belajar dan bermain catur.
§ Deep Blue juga telah diuji coba dengan bermain
catur melawan juara catur profesional dan Deep Blue berhasil memenangkan
pertandingan catur tersebut.
§ AlphaGo merupakan machine learning yang
dikembangkan oleh Google.
§ Saat awal dikembangkan AlphaGO akan dilatih dengan memberikan 100 ribu data pertandingan Go untuk ia pelajari.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
ROTE LEARNING
§ Metode learning ini menggunakan hasil penelusuran atau hasil perhitungan
sebelumnya yang tersimpan dalam cache memori komputer untuk menentukan
strategi ke langkah berikutnya.
§ Metode ini memiliki kemampuan untuk :
1.
Mengorganisir penyimpanan informasi (adalah
lebih cepat mengambil nilai yang sudah tersimpan daripada menghitung ulang)
2.
Generalisasi (hal ini akan mencegah terlalu
besarnya informasi atau nilai yang disimpan).
LEARNING BY TAKING ADVICE
§ Metode learning ini menggunakan advice tingkat tinggi (dalam
bahasa manusia) untuk menghasilkan suatu aturan operasional.
§ Advice mana yang akan digunakan dari sekian
banyak yang ada diproses/dipilih menggunakan operatoroperator seperti :
analisis kasus, pencocokan, dsb
LEARNING FROM EXAMPLE
§ Metode ini menggunakan semua contoh dari kasuskasus yang pernah
diselesaikan atau data contoh yang dimasukkan ke sistem.
§ Hal terpenting dari metode ini adalah klasifikasi, untuk memilah atau mengklasifikasi
contoh menjadi contoh posistif dan contoh negatif.
§ Hasil dari metode ini adalah suatu deskripsi
konsep.
§ Metode ini menggunakan Algoritma search untuk mengeliminasi contoh dan
menghasilkan pohon keputusan.
LEARNING IN PROBLEM SOLVING
§ Metode ini berusaha untuk memperbaiki pemecahan masalah dari
pemecahan masalah yang sudah ada atau sudah pernah diaplikasikan.
§ Metode ini menggunakan solusi dari contoh masalah sebagai masukan dan
akan menghasilkan penemuan cara baru untuk menyelesaikan masalah secara lebih
efisien.
§ Metode ini menggunakan heuristic search
seperti : generalisasi, learning berdasarkan penjelasan dan pertimbangan yang
menyeluruh.
DISCOVERY
§ Metode ini berusaha
untuk menemukan pengetahuan
- pengetahuan baru yang belum terungkap sebelumnya.
§ Metode ini menggunakan
heuristic search yang berdasarkan kepada analogy, ketertarikan (minat) atau
bahkan suatu misteri.
§ Hasil atau keluaran
dari metode ini cendrung tidak diketahui atau sulit diperkirakan, karena
biasanya berdasarkan informasi atau pengetahuan yang minim.
Komentar
Posting Komentar