Kecerdasan Buatan : Artificial Intelligence - Pertemuan 2

 ARTIFICIAL INTELLIGENCE

 

1. Teknik Artificial Intelligence

Para pengembang AI berpegang kepada prinsip bahwa akan ada teknik penyelesaian untuk setiap permasalahan yang berbeda, dimana teknik itu akan didasari kapada kemampuan untuk memanipulasi symbol (create, modification, reproduction dan destruction).

Hal lain yang harus dipahami adalah bahwa kecerdasan memerlukan pengetahuan , dimana pengetahuan memiliki karakteristik antara lain :

  •  sangat luas.
  •  sulit didefinisikan dengan tepat.
  •  selalu berubah.
  •  dapat memiliki arti berbeda tergantung kapan digunakan.


2. Model-Model Artificial Intelligence berikut contohnya

  Beberapa teknik AI dapat dikategorikan secara umum kedalam beberapa kelompok , diantaranya

A. Search ( Pencarian )

menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan.

B. Use of Knowledge ( Penggunaan Pengetahuan )

menyediakan cara penyelesaian masalah yang lebih kompleks dengan mengekploitasi struktur dari objek yang terkait dengan masalah tsb.

C. Abstraction

menyediakan cara untuk memilah/memisahkan keterangan dan variasi yang penting dari sekian banyak yang tidak penting dimana akan mempercepat penyelesaian masalah.


3. Tingkatan Model

Sebelum kita membuat program AI ada baiknya kita tanya pada diri kita beberapa hal, seperti

“Apakah kita akan membuat program yang dapat melakukan hal secerdas yang dilakukan manusia ? ”

“ Apakah kita akan membuat program yang dapat melakukan sesuatu dgn cara yang sama dgn manusia ? “

Atau kita akan membuat program yang dapat melakukan sesuatu yang lebih mudah dengan cara yg lebih mudah.

Jawaban dari pertanyaan diatas akan memberikan batasan dari pengembangan sistem / pembuatan program yang akan kita lakukan.

Usaha untuk membuat program yang menyajikan cara manusia menyelesaikan masalah dapat dibagi kedalam dua kelas, yaitu :

Ø  Program kelas pertama mencoba menyelesaikan masalah dengan cara yang tidak persis benar dengan definisi kita tentang AI. Program yang termasuk kelas ini menggunakan algoritma dan mekanisme yang mudah dan sederhana untuk dilakukan oleh komputer tetapi biasanya sulit dan tidak menarik untuk dilakuakan oleh manusia.

Contoh program dalam kelas ini adalah

Elementary Perceiver and Memorizer (EPAM) [Feigenbaum, 1963] yang dapat mengingat pasangan terkait dari suku kata, dimana bila dimasukkan satu suku kata komputer tinggal mencarinya dalam memori kata mana yang mengandung suku kata yang dimaksud, yang pertama kali ditemukan maka itulah jawabannya, bagi manusia tidak semudah itu karena manusia selalu berfikir tentang arti dari kata yang dimaksud sesuai dengan konteks, sehingga masalah spt ini tidak menarik bagi manusia dan jarang dilakukan, namun hal semacam ini sering dilakukan dalam psychotest untuk mengetahui kemampuan mengingat seseorang.


Ø  Program kelas kedua berupaya memodelkan kemampuan manusia dalam melakukan sesuatu, yang berarti program pada kelas ini lebih mendekati kepada definisi tentang AI, yang berarti menjadi tidak mudah bagi komputer.Beberapa alasan dibuatnya model seperti ini al:

1.     Untuk membuktikan teori psychology tentang kemampuan manusia. Contohnya adalah program PARRY yang ditulis Colby, 1975, yang mengekploitasi perilaku paranoid manusia berdasarkan percakapan yang dilakukan, sehingga dengan menganalisa hasil percakapan, seorang psycholog dapat menyimpulkan apakan sesorang termasuk paranoid atau tidak.

* paranoid : gila karena ketakutan yang berlebihan

2.     Untuk membuat komputer mengerti alasan manusia. Contohnya, membuat komputer dapat membaca/ mengerti berita di koran dan menjawab pertanyaan spt “mengapa buruh mogok kerja ?”, program semacam ini harus dapat mensimulasi proses pengambilan alasan yang dilakukan manusia.

3.     Untuk membuat manusia mengerti alasan komputer. Dalam banyak keadaan manusia enggan percaya pada output komputer kecuali dapat dimengerti bagaimana mesin mendapatkan hasil spt itu. Jika proses pengambilan alasan yg digunakan komputer sesuai dgn cara manusia maka akan lebih mudah untuk mendapatkan penjelasan yang dapat diterima.

4.     Untuk mengekploitasi pengetahuan apa yang dapat kita kumpulkan dari manusia. Selama disepakati bahwa manusia mamiliki kemampuan terbaik dalam menyelesaikan masalah, hal ini membuat banyak keinginan untuk melihat manusia sebagai petunjuk untuk menemukan cara untuk menyelesaikan masalah atau memproses suatu pekerjaan.

 

Hal ini juga akan memotivasi para pengembang AI untuk terus memproduksi mesin yang bertingkah laku cerdas dengan meniru manusia.


4. Kriteria Sukses

Satu pertanyaan terpenting yang harus dijawab pada tiap proyek penelitian ilmiah adalah “ Bagaimana kita tahu kalau kita sudah berhasil ?”, begitu pula dalam AI. Bagaimana kita tahu mesin yang kita buat cerdas ? Menjawab pertanyaan itu sama sulitnya dengan menjawab pertanyaan “Apakah kecerdasan itu ?” tapi dapatkah kita melakukan sesuatu untuk memastikan kegiatan kita ?

Tahun 1950, Alan Turing memperkenalkan metode untuk menentukan apakah sebuah mesin dapat berpikir, yang kemudian dikenal dengan sebutan Turing Test.

Untuk melakukan test ini diperlukan 2 orang dan 1 mesin.

Satu orang bertindak sebagai penanya yang berada pada tempat terpisah dengan orang kedua dan mesin. Penanya dapat bertanya kepada orang kedua atau mesin dengan mengetikkan pertanyaannya dan menerima jawaban dalam bentuk ketikkan juga. Penanya tidak tahu yang mana orang yang mana mesin hanya si A dan si B, yang dilakukan oleh penanya dengan pertanyaan adalah menentukan mana yang orang, mana yang mesin. Tujuan dari test ini adalah mengelabui sipenanya sehingga menganggap mesin sebagai orang, caranya adalah membuat mesin tidak selalu menjawab benar dan menunda waktu menjawab.

 

Jika sang penanya akhirnya menyatakan mesin sebagai orang, maka dapat dikatakan mesin berhasil melewati test, dan dapat dinyakan bahwa mesin dapat berpikir.

Perlu waktu cukup lama dan perlu beberapa kali test dan perbaikan sampai akhirnya mesin ini dapat melewati test ini, namun hal yg menarik dari Turing Test ini adalah bahwa yang diperlukan oleh mesin untuk lulus test ini bukan jawaban yang benar atau tepat untuk tiap pertanyaan sehingga mesin tidak harus menjadi lebih cepat dan lebih benar dalam menjawab setiap pertanyaan untuk dinyatakan sebagai orang (cerdas) atau dapat berpikir.

5. Potensi Manusia

A. Potensi Kecerdasan

§  Kecerdasan Spiritual

kecerdasan jiwa yang membantu seseorang untuk mengembangkan dirinya secara utuh melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif.

 

§  Kecerdasan Logika –Matematika

kemampuan dalam menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, mengolah alur pikiran yang panjang dan mencerna pola-pola logis atau numeris dengan benar.

 

§  Kecerdasan Intrapersonal

kemampuan untuk menilai dan memahami kebutuhan orang lain, dan bertindak sesuai cara mereka mengatur interaksi dengan seseorang.

 

§  Kecerdasan Musikal

kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik.

 

§  Kecerdasan Natural

kemampuan mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategorisasi yang berhubungan, dengan flora (tumbuhan) dan fauna (binatang) serta benda-benda alam yang ada di lingkungan sekitar.

 

§  Kecerdasan Badan (Body) –Kinestetik

kemampuan anak menggunakan ketangkasan tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaan dan menggunakan keterampilan tangan untuk mengubah atau menciptakan sesuatu.

 

§  Kecerdasan Linguistik –Auditorial

kemampuan seseorang untuk mengungkapkan pendapat atau pikirannya melalui bahasa verbal maupun non verbal secara jelas dan lugas dengan tatanan Bahasa.

 

§  Kecerdasan Spasial –Visual

kemampuan seseorang untuk memahami, memproses dan berfikir ke dalam bentuk visual. Kecerdasan spasial - visual juga merupakan salah satu jenis kecerdasan majemuk.

 

B. Potensi Diri


Terdiri atas empat elemen yakni ;

§  Menerima diri

§  Merumuskan  Cita-cita

§  Berinteraksi dengan lingkungan

§  Mencari dan menciptakan pengalaman baru

 

 

 

 

 

 

C. Membangun Potensi



 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12

Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13

Grafika Komputer : TRANSFORMASI 2 DIMENSI - Pertemuan 10