Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13

  Pertemuan 13

DUNIA 3 DIMENSI

2 Dimensi dan 3 DIMENSI
◼ Apa yang membedakan 2 dimensi dengan 3 dimensi ? 
❑ 2 Dimensi : Tinggi dan Lebar 
❑ 3 Dimensi : Tinggi, Lebar dan Kedalaman 
◼ Kedalaman adalah jarak antara pemirsa (viewer) terhadap benda yang dia lihat



3 Dimensi
◼ Bagaimana manusia memperoleh kesan kedalaman ? 
❑ Manusia mempunyai dua mata. 
❑ Kedua mata manusia mempunyai selisih sudut pandang 120o 
❑ Perbedaan sudut pandang tersebut membuat masing-masing mata memperoleh gambar yang berbeda untuk objek yang sama. 
❑ Perbedaan gambar diproses oleh otak sehingga kita memperoleh kesan 'kedalaman' atau jarak terhadap benda. 
◼ Percobaan : Tutup salah satu mata anda selama kurang lebih 2 hari dan anda akan mengetahui bahwa anda tidak dapat menentukan dengan mudah jarak antara anda dengan benda yang anda lihat.



Sifat-sifat 3 dimensi
◼ Setiap titik dalam 3 dimensi ditentukan oleh tiga posisi : 
❑ x : jarak titik tersebut terhadap sumbu x 
❑ y : jarak titik tersebut terhadap sumbu y 
❑ z : jarak titik tersebut terhadap sumbu z 
◼ Posisi sebuah titik dalam 3 dimensi dituliskan dalam bentuk (x,y,z)
◼ Bagaimana menggambarkan sumbu 3 dimensi ?


Benda 3 Dimensi dan komputer
◼ Komputer dapat digunakan untuk mengolah benda tiga dimensi. 
◼ Ada tiga persoalan dalam mengolah benda tiga dimensi menggunakan komputer : 
    ❑ Pembuatan lokasi titik 3D 
    ❑ Manipulasi titik 3D 
    ❑ Transformasi titik 3D menjadi 2D

Pembuatan lokasi titik 3D
◼ Proses yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D yang menunjukkan bentuk dari benda 3D.
◼ Ada 3 macam proses untuk menghasilkan lokasi titik 3D : 
    ❑ Penentuan langsung menggunakan peralatan seperti mouse3D, scanner3D berbagai peralatan lain 
    ❑ Menggunakan parametric surface 
    ❑ Menggunakan prosedur khusus seperti extrude dan surface of revolution.

Scanner 3D
◼ Scanner 3D merupakan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D secara langsung dengan menunjuk lokasi titik tersebut. 
◼ Contoh peralatan : mouse, trackball, laser scanner dan sebagainya.

Parametric Surface
◼ Digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang dapat direpresentasikan dalam rumus matematika seperti : bola, donut, tabung, cone dan sebagainya




Extrude
◼ Merupakan prosedur menghasilkan lokasi titik 3D dengan menarik titik-titik 2 dimensi ke satu arah tertentu.


Surface of Revolution
◼ Prosedur untuk menghasilkan lokasi titik 3D dengan cara memutar profile pada sumbu putar 


Reprsentasi Struktur data titik 3D
◼ Titik 3D dapat disimpan sebagai : 
    ❑ Mesh 
    ❑ Rumus matematika 
    ❑ Titik profile

Mesh
◼ Mesh merupakan kumpulan titik 3D yang saling dihubungkan. 
◼ Model yang dihasilkan disebut sebagai wireframe model.
◼ Permukaan benda (surface) diperoleh dengan menghubungkan titik-titik vertex baik dalam bentuk segiempat atau segitia. 
◼ Umumnya digunakan surface dalam bentuk segitiga karena bentuk segitiga akan selalu berada dalam keadaan planar (datar).

◼ Mesh dengan surface segi-empat disimpan sebagai record :

Point3D = record 
    x,y,z:real; 
end; 
    Mesh = record 
 jumvertex,jumedge:integer; 
    vertex : array [1..1000] of Point3D; 
    edge : array[1..1000,1..2] of integer; 
        end;




Proses Komputer 3D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12

Grafika Komputer : TRANSFORMASI 2 DIMENSI - Pertemuan 10