Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13
Pertemuan 13
DUNIA 3 DIMENSI
2 Dimensi dan 3 DIMENSI
◼ Apa yang membedakan 2 dimensi dengan 3 dimensi ?
❑ 2 Dimensi : Tinggi dan Lebar
❑ 3 Dimensi : Tinggi, Lebar dan Kedalaman
◼ Kedalaman adalah jarak antara pemirsa (viewer) terhadap benda yang dia lihat
3 Dimensi
◼ Bagaimana manusia memperoleh kesan kedalaman ?
❑ Manusia mempunyai dua mata.
❑ Kedua mata manusia mempunyai selisih sudut pandang 120o
❑ Perbedaan sudut pandang tersebut membuat masing-masing mata memperoleh gambar yang berbeda untuk objek yang sama.
❑ Perbedaan gambar diproses oleh otak sehingga kita memperoleh kesan 'kedalaman' atau jarak terhadap benda.
◼ Percobaan : Tutup salah satu mata anda selama kurang lebih 2 hari dan anda akan mengetahui bahwa anda tidak dapat menentukan dengan mudah jarak antara anda dengan benda yang anda lihat.
Sifat-sifat 3 dimensi
◼ Setiap titik dalam 3 dimensi ditentukan oleh tiga posisi :
❑ x : jarak titik tersebut terhadap sumbu x
❑ y : jarak titik tersebut terhadap sumbu y
❑ z : jarak titik tersebut terhadap sumbu z
◼ Posisi sebuah titik dalam 3 dimensi dituliskan dalam bentuk (x,y,z)
◼ Bagaimana menggambarkan sumbu 3 dimensi ?
Benda 3 Dimensi dan komputer
◼ Komputer dapat digunakan untuk mengolah benda tiga dimensi.
◼ Ada tiga persoalan dalam mengolah benda tiga dimensi menggunakan komputer :
❑ Pembuatan lokasi titik 3D
❑ Manipulasi titik 3D
❑ Transformasi titik 3D menjadi 2D
Pembuatan lokasi titik 3D
◼ Proses yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D yang menunjukkan bentuk dari benda 3D.
◼ Ada 3 macam proses untuk menghasilkan lokasi titik 3D :
❑ Penentuan langsung menggunakan peralatan seperti mouse3D, scanner3D berbagai peralatan lain
❑ Menggunakan parametric surface
❑ Menggunakan prosedur khusus seperti extrude dan surface of revolution.
Scanner 3D
◼ Scanner 3D merupakan peralatan yang digunakan untuk menghasilkan lokasi titik-titik 3D secara langsung dengan menunjuk lokasi titik tersebut.
◼ Contoh peralatan : mouse, trackball, laser scanner dan sebagainya.
Parametric Surface
◼ Digunakan untuk menghasilkan benda-benda yang dapat direpresentasikan dalam rumus matematika seperti : bola, donut, tabung, cone dan sebagainya
Extrude
◼ Merupakan prosedur menghasilkan lokasi titik 3D dengan menarik titik-titik 2 dimensi ke satu arah tertentu.
Surface of Revolution
◼ Prosedur untuk menghasilkan lokasi titik 3D dengan cara memutar profile pada sumbu putar
Reprsentasi Struktur data titik 3D
◼ Titik 3D dapat disimpan sebagai :
❑ Mesh
❑ Rumus matematika
❑ Titik profile
Mesh
◼ Mesh merupakan kumpulan titik 3D yang saling dihubungkan.
◼ Model yang dihasilkan disebut sebagai wireframe model.
◼ Permukaan benda (surface) diperoleh dengan menghubungkan titik-titik vertex baik dalam bentuk segiempat atau segitia.
◼ Umumnya digunakan surface dalam bentuk segitiga karena bentuk segitiga akan selalu berada dalam keadaan planar (datar).
◼ Mesh dengan surface segi-empat disimpan sebagai record :
Point3D = record
x,y,z:real;
end;
Mesh = record
jumvertex,jumedge:integer;
vertex : array [1..1000] of Point3D;
edge : array[1..1000,1..2] of integer;
end;
Komentar
Posting Komentar