Grafika Komputer : Warna - Pertemuan 4

 Pertemuan 4

Warna

Warna
Warna sebenarnya merupakan persepsi kita terhadap pantulan cahaya dari benda benda.



Cahaya

 Cahaya merupakan energi elektromagnetik
 Cahaya dapat dibagi menjadi dua bagian :
  • Cahaya terlihat ( visible light ) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang 400     700 nm (nanometer)
  • Cahaya tidak terlihat ( invisible light ) yaitu bagian dari energi elektromagnetik dengan panjang gelombang < 400nm atau > 700 nm
 Mata manusia hanya peka terhadap panjang gelombang 400 700 nm dan perbedaan panjang gelombang     tersebut dipersepsikan sebagai 'warna'.

Spektrum warna




Bagaimana manusia melihat
warna ?
Bagian mata yang sensitif terhadap cahaya disebut sebagai retina, retina berisi dua macam kelompok sel yaitu : rods dan cone

  • Rods
 Hanya dapat membedakan terang dan gelap (hitam / putih)
 Mata mempunyai 120 juta rod
 Tidak sensitif terhadap warna
  • Cones
 Bagian retina yang peka terhadap warna
 Mata mempunyai 60 juta cones
 Ada tiga macam cones, masing masing peka terhadap warna merah (L), biru (S) dan hijau (M).
 Dapat membedakan 200 warna sekaligus


 Fovea adalah arena di retina yang berisi cones
 Berukuran 1/150 inch
 Fovea hanya mempunyai sudut pandang sebesar 1,7 derajad. Diluar itu gambar terlihat kabur.
 Setiap cones di fovea mempunyai satu jalur syaraf ke otak dan dapat mengirim 'gambar' sekaligus         (paralel)
         Bandingkan : Video Kamera mempunyai 400.000 sensor tetapi hanya dapat mengirim 'gambar'             satu persatu (stream)
Bagaimana warna dibuat ?
  • Warna dapat diproduksi berdasarkan dua cara :
             Substractive Colour
             Additive Colour
  •  Substractive : warna dihasilkan sebagai akibat dari diserapnya warna tertentu.
             Tinta cetak
  • Additive : warna dihasilkan sebagai campuran dari warna yang dipancarkan oleh sumber cahaya.
             Monitor



Representasi warna di komputer
  • Ada berbagai cara untuk menghasilkan warna menggunakan komputer.
  • Beberapa model warna yang digunakan antara lain :
         RGB
         HSV / HSB
         HLS
         CMY(K)
         CIE

RGB (Red, Green, Blue)
  • Warna diperoleh dari campuran tiga warna dasar (primary color), yaitu : Red, Green, Blue
  • Setiap komponen warna disimpan sebagai angka dari 0 255 (0 FF), dengan
        0 = tidak ada komponen
         255 = komponen digunakan penuh

CMY(K) / Cyan, Magenta, Yellow, Black
 Menggunakan warna dasar (primary color) : Cyan, Magenta, Yellow dan Black.
 Warna lain diperoleh karena campuran warna dasar menyerap warna dasar dan memantulkan warna         yang diinginkan.

RGB dan CMY(K)



HSV/B (Hue, Saturation, Value / Brightness)
  • HSB merupakan sistem warna yang menggunakan ukuran :
 Hue : warna yang diinginkan, diukur dengan nilai 0 o 360 o , dengan 0 o = red,12 o =green, 240 o         =blue
 Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan             100% menyatakan warna asli
 Value / Brightness : pengaruh kecerahan, 0% menyatakan tidak ada cahaya (hitam) dan 100%                 menyatakan warna putih.
HLS (Hue, Lightness, Saturation)
  • Menggunakan ukuran :
 Hue : warna yang diinginkan,diukur dengan nilai 0 o 360 o , dengan 0 o = red,12 o =green, 240 o             =blue
 Lightness : pengaruh warna putih, nilai maksimum Lightness menyatakan warna putih sedangkan         nilai minimum menyatakan warna hitam.
 Saturation : keaslian warna, diukur dengan nilai 0% 100%. Nilai 0 menyatakan warna putih dan             100% menyatakan warna asli



CIE
  • CIE (Commission Internationale d'Eclairage) mendefinisikan tiga sumber cahaya hipotetis x,y,z yang menggunakan kurva positif dari spektrum Warna dalam


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Grafika Komputer : PROYEKSI - Pertemuan 12

Grafika Komputer : DUNIA 3 DIMENSI - Pertemuan 13

Grafika Komputer : TRANSFORMASI 2 DIMENSI - Pertemuan 10